Fakultas Syariah Uncategorized BERBISNIS ALA SITI KHADIJAH

BERBISNIS ALA SITI KHADIJAH

Bertepatan dengan hari ke-11 di bulan Ramadhan, adalah hari wafatnya Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Rasulullah yang memiliki darah pedagang. Siti Khadijah menjadi pebisnis yang sukses semasa hidupnya, berikut beberapa strategi yang digunakan olehnya:

-Dalam mengelola bisnisnya, Siti Khadijah menggunakan dua sistem, yakni sistem upah dan bagi hasil. Ia menjadi investor yang menyediakan modal berupa barang atau uang. Istri Rasulullah ini pandai mengelola harta yang dimilikinya dan memiliki jiwa yang produktif. Sedangkan dalam memberi upah, beliau melakukannya dengan adil.

-Selanjutnya, beliau mendelegasikan tugas berdagang pada orang yang dia percaya untuk menjalankannya. Dalam memilih pegawai, ia mengikuti naluri bisnisnya dan mengambil sikap berani dalam memutuskan serta tidak takut dalam menghadapi risiko sebab ia telah mempertimbangkannya.

-Siti Khadijah mampu melihat dan memanfaatkan peluang dan pasar. Hal ini membuat dagangannya laris karena diperjualbelikan di pasar yang tepat.

-Kesuksesan bisnisnya tentu dilandasi pula oleh kedermawanan hatinya. Beliau tak lupa menyisihkan hartanya untuk bersedekah pada orang yang membutuhkan maupun pada kegiatan sosial lainnya. Sebagaimana beliau menginfakkan hartanya untuk dakwah Nabi Muhammad Saw.

#fakultas_syariah_unisba
#قسم_الاتصل_والمعلومات
#bisnsisislami#bussinesstrategy#ramadhan1444H#sitikhadijah

Related Posts