Fakultas Syariah Berita Terbaru Focus Group Discussion Peluang dan Tantangan Pembentukan Badan Ekonomi Syariah Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat serta Kolaborasinya dengan Program Studi Magister Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Focus Group Discussion Peluang dan Tantangan Pembentukan Badan Ekonomi Syariah Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat serta Kolaborasinya dengan Program Studi Magister Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Bandung (13/06) Program Studi Magister Ekonomi Syariah (Prodi MES) Fakultas Syariah UNISBA bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat (KADIN Jabar) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait Peluang dan Tantangan Pembentukan Badan Ekonomi Syariah KADIN Jabar serta Kolaborasinya dengan Prodi MES Fakultas Syariah UNISBA yang bertempat di Aula Pascasarjana UNISBA. Adapun FGD ini dihadiri oleh Dr. Hj. Titin Suprihatin Dra., M.Hum. selaku Dekan, Ifa Hanifia Senjiati, S.Sy., M.Si. selaku Wakil Dekan III yang membidangi kerjasama fakultas, Dr. Neneng Nurhasanah, Dra., M.Hum. selaku Ketua Prodi MES Fakultas Syariah UNISBA, Tubagus Basit Subbahi selaku Wakil Ketua Umum Bidang SDM dan Ketenagakerjaan, Zoelkifli M. Adam, SP.d., M.M. selaku Ketua Badan Ekonomi Syariah KADIN Jabar, dan beberapa perwakilan dosen serta anggota KADIN Jabar lainnya.

Penyelenggaraan FGD ini bertujuan untuk menggalang aspirasi terkait dengan peluang, tantangan, serta saran-saran dalam pembentukan Badan Ekonomi Syariah (BES) di lingkungan KADIN Jabar serta menjajaki kerja sama atau kolaborasi antara Prodi MES Fakultas Syariah dengan KADIN Jabar, khususnya dalam pengembangan BES KADIN Jabar yang harapan kontribusinya tidak hanya dirasakan oleh kedua belah pihak, tetapi juga penguatan ekonomi syariah secara nasional. Narasumber dalam kegiatan FGD ini terdiri dari perwakilan baik dari Prodi MES Fakultas Syariah UNISBA dan KADIN Jabar, yakni Dr. Neneng Nurhasanah, Dra., M.Hum., Zoelkifli M. Adam, SP.d., M.M., dan Dr. Ir. Deden Gandana Madjakusumah, M.Si.

Adapun hasil diskusi dalam FGD tersebut para pihak sepakat akan adanya rencana kolaborasi antara Prodi MES Fakultas Syariah UNISBA dengan BES KADIN Jabar khususnya dalam berbagai progam seperti Program Pendampingan Produk Halal (PPH), sosialisasi ekonomi syariah melalui majelis ta’lim yang berada di bawah naungan Prodi MES, dan konsultasi syariah bagi para pelaku usaha baik dalam taraf UMKM maupun taraf usaha besar serta pembentukan lembaga sertifikasi profesi. Adapun rencana program tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. (LD)

Publisher : AI

Related Posts