Fakultas Syariah Berita Terbaru Tiga Prodi di Fakultas Syariah Unisba Bandung mendapat Hibah Pendampingan Akreditasi Internasional

Tiga Prodi di Fakultas Syariah Unisba Bandung mendapat Hibah Pendampingan Akreditasi Internasional

Perkembangan pendidikan tinggi sudah semakin kompetitif, dan saling berlomba dalam memperbaiki kwalitas pendidikan sangatlah baik. Hal tersebut merupakan pengejawantahan dari firman Allah swt Surat Al-Baqarah [2] ayat 148 yang artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan…” Universitas Islam Bandung dengan segala kemampuannya berupaya melangitkan cita2 untuk mencerdaskan anak bangsa dan umat Islam di dunia. Salah satu upayanya adalah pendidikan yang memiliki standar mutu internasional berdasarkan akreditasi Internasional. Salah satu yang dibina untuk menjadi program internasional adalah fakultas syariah.

Fakultas Syariah Unisba Bandung memiliki 3 program strata 1 dan 1 program magister, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 4 program studi. 3 diantaranya menjadi penerima hibah bantuan pendampingan akreditasi Internasional dari Dikti melalui program pembinaan dibawah Universitas Islam Indonesia tahun 2024. Ketiga Ahwal Al-Syakhshiyah tersebut adalah Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah, Prodi Hukum, dan Magister Ekonomi Syariah.

Ketiga Prodi ini mendapatkan hibah pendampingan akreditasi Internasional pada Skema A, yaitu masih hibah dengan luaran standar dasar dokumen kurikulum untuk pengajuan akreditasi Internasional. Sehingga luaran dari hibah ini adalah dokumen kurikulum Prodi yang memnuhi standar internasional dan peta jalan Prodi dalam perencanaan kedepan Kurikulum yang disyaratkan untuk mengikuti program akreditasi internasional adalah kurikulum yang berbasis Outcome based education (OBE). Semoga kedepannya semakin berkualitas pendidikan di Fakultas Syariah ini, dan menjadi salah satu rujukan dalam mencerdaskan dunia.

(Encep Abdul Rojak, S.H.I., M.Sy)

Related Posts